Artefak Adalah

Diposting pada

Artefak

Artefak Adalah – Pengertian, Jenis, Ciri, Contoh Dan Gambarnya – Pada masa Artefak memiliki peradaban yang diakui dan dilaksanakan oleh setiap orang sehingga mampu bertahan hidup dengan aman dan damai.Sehingga kehidupan pada masa lalu, pastinya dilakukan dengan berbagai alat bantu yang memudahkan untuk bisa bertahan hidup.


Dari sekian banyak peralatan atau hasil penciptaan yang dibuat oleh manusia pada kehidupan masa lalu, yang juga perlu Anda ketahui adalah artefak.

artefak adalah


Pengertian Artefak

Pengertian dari artefak adalah benda peninggalan arkeologi atau benda peninggalan bersejarah, semua benda peninggalan yang dibuat dan dimodifikasi oleh manusia yang bisa dipindahkan tanpa merusak bentuk aslinya.


Jenis-Jenis Artefak

Jenis-Jenis Artefak dikelompokan menjadi beberapa yaitu diantaranya :

Zaman Paleolitikum (Zaman Batu Tua)

Pada awalnya Seorang ahli yakni Von Koenigswald melakukan sebuah penilitan di daerah pacitan dan juga Ngandong, Jawa timur,dari penilitan jenis artefak yang ditemukan pada zaman paleolitikum berupa alat-alat yang fungsinya sebagai pelindung diri seperti ditemukannya kapak genggam atau kapak perimbas di Ngandong Jawa Timur.

Baca Artikel Lainnya : Kerajaan Budha Di Indonesia – Sejarah, Peninggalan Dan Puncak Kejayaannya


Artefak Zaman Mesolithikum

Pada masa ini kehidupan manusia sudah mulai hidup menetap dan membangun tempat tinggal permanentersebut dikuatkan dengan adanya penemuan Abris Sous Roche yakni semacam tempat tinggal yang dibangun berbentuk ceruk ada batu karang, selai dari itu ditemukan juga oleh Kjokkenmoddinger yang ialah sampah-sampah dan siput dalam bentuk gunungan yang bear yang karena hal itu membuat asumsi itu sudah hidup dan menetap. Dimana pada watu itu dikaitkan dengan penemuan artefak yang menguatkan dugaan tersebut seperti kapak genggam, juga penggiling, dan tulang.

Baca Juga :  Pengaruh Hindu Budha Di Indonesia Dalam Berbagai Bidang

Zaman Logam

Padazaman Logamkehidupan sudah mulah mengalami perkembangan dimana pada jaman ini manusia sudah bisa membuat peralatan dari logam. Pada penelitian telah ditemukannya artefak berbentuk perhiasan yang terbuat dari bahan emas, perunggu dan besi.


Zaman Megalithikum

Zaman ini juga disebut sebagai zaman batu besar karena manusia sudah mulai berpikir untuk membangun bangunan berbahan batu ukuran besar. Beberapa peninggalan penting pada jaman ini seperti menhir, dolmen, sarchopagus atau keranda dan arca arca.

Baca Artikel Lainnya : Faktor Penyebab Runtuhnya Kerajaan Bercorak Hindu Budha


Ciri-Ciri Artefak

Berikut ini ciri ciri atau karakteristik artefak diantaranya yaitu:

  1. Alat terbuat dari batu dan sudah mulai halus.
  2. Manusia masih hidup berkelompok.
  3. Peninggalannya memiliki bentuknya beragam, seperti lonjong, bulat, persegi dan sebagainya.
  4. Pada masa ini manusia belum mengenal kepercayaan.

Contoh Artefak Di Indonesia Berserta Fungsinya

Dari beberapa jenis kelompok artefak membahas pengertian dan jenis-jenisnya sepertinya yang sudah dijelaskan sebelumnya, berikut ini ada beberapa contoh artefak yang di temukan di Indonesia beserta fungsinya:


Kapak Genggam

Kapak Genggam

Kapak genggam Ini merupakan sebuah senjata yang berfungsi untuk berburu binatang dan untuk keperluan makanan sehari-hari manusia prasejarah. Artefak kapak genggam ditemukan di beberapa wilayah seperti Trunyan Bali, Kalinda Lampung dan daerah lainnya.


Pisau Berbahan Tulang

Artefak ini dibuat dari bahan-bahan tulang binatang seperti tanduk rusa. Lebih banyak ditemukan pada peninggalan dari jaman paleolitikum hasil budaya Ngandong.

Baca Artikel Lainnya : Peristiwa Penting Kerajaan Kediri : Prasasti, Raja Dan Runtuhnya


Artefak Anak Panah

Artefak Anak Panah
Artefak Anak Panah

Contoh artfak lainnya adalah artefak anak panah yang terbuat dari batuan gamping. Artefak ini banyak ditemukan di Gua Lawa Sampung dan gua-gua di Tuban Jawa Timur.

Baca Juga :  Peristiwa Penting Kerajaan Kediri : Prasasti, Raja Dan Runtuhnya

Demikianlah Penjabaran Artikel Diatas Artefak Adalah – Pengertian, Jenis, Ciri, Contoh Dan Gambarnya Tentang Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca PelajaranIPS.Co.Id