Cara Berbagi Printer Kekomputer Lain Melalui WiFi

Diposting pada

Cara Berbagi Printer Kekomputer Lain Melalui WiFi – Bagaimana Anda membagikan printer dengan benar di Windows? Berbagi printer adalah cara untuk menghubungkan printer ke beberapa komputer di jaringan.

Jadi, dengan berbagi printer, Anda bisa menghemat biaya dengan tidak harus menyediakan printer untuk setiap komputer, dan menghemat waktu karena tidak perlu bolak-balik mencetak dokumen.

Anda dapat berbagi printer melalui LAN atau WIFI. Penting untuk dicatat bahwa setiap komputer harus terhubung dengan benar ke komputer yang terhubung ke printer.

Cara sharing printer bisa dilakukan di Windows 7, 8 dan 10 karena langkah-langkahnya tidak jauh berbeda. Pelajari lebih lanjut tentang berbagi printer dengan komputer lain. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Buka Windows Setting

Cara Berbagi Printer Kekomputer Lain Melalui WiFi

 Berikut adalah langkah-langkah untuk berbagi printer melalui jaringan kabel dan nirkabel:

  • Siapkan komputer, Printer dan kabel

Silahkan siapkan komputer set bersama dengan printer yang sudah terhubung. Pastikan perangkat printer terpasang dan berfungsi di komputer. Untuk memastikannya, Anda dapat mencoba mencetak dokumen dengan printer.

Buka Windows Setting

  • Buka Windows Setting

Kedua, silakan akses pengaturan Windows dari menu mulai. Jika tidak ada menu Pengaturan Windows, Anda dapat melalui menu Panel Kontrol. Selanjutnya Mamaiko memberikan contoh melalui menu Pengaturan Windows di Windows 10.

Pilih Menu Network & Internet

  • Pilih Menu Network & Internet

Di menu pengaturan Windows, pilih menu “Jaringan & Internet” untuk menentukan pengaturan berbagi printer. Ada beberapa menu di sini, tetapi Anda hanya akan fokus pada menu Jaringan dan Pusat Berbagi. Klik menu, lalu klik “Ubah pengaturan berbagi lanjutan”.

Centrang Turn On File & Printer Sharing

  • Centrang Turn On File & Printer Sharing

Selanjutnya, akan muncul jendela baru yang perlu diatur. Silakan aktifkan opsi “Aktifkan berbagi file dan printer”. Selanjutnya silahkan klik “Semua jaringan” dan centang opsi “Nonaktifkan berbagi melalui perlindungan kata sandi”. Untuk memudahkan komputer lain mengakses tanpa harus membuka kunci dengan password tertentu. Dalam hal ini, silakan klik “Simpan perubahan” untuk menyimpan perubahan yang dibuat pada pengaturan komputer.

Baca Juga :  Aplikasi Desain Rumah Android

Instalasi Driver Printer

  • Instalasi Driver Printer

Instal kit printer di komputer. Untuk melakukan langkah ini, Anda perlu membuka menu Pengaturan Windows. Kemudian klik menu Perangkat.

  •  Kemudian pilih menu Devices and Printers.

Kemudian akan muncul jendela baru yang menunjukkan beberapa perangkat printer yang terpasang di komputer. Silakan pilih perangkat printer yang ingin Anda bagikan dengan komputer lain. Contoh berikut menggunakan printer merk Canon IP 1900 series.

  • Pilih Printer

Merk printer disini mungkin berbeda pada setiap komputer tergantung dari perangkat yang terpasang. Yang Anda bagikan tentunya perangkat printer sesuai dengan komputer yang diinstall. Klik kanan gambar printer yang ingin Anda bagikan dengan komputer lain. Pilih Lihat Cetakan atau Properti Printer.

Pada menu ini kita melakukan setting untuk sharing printer. Dalam contoh ini, kita akan mencoba melalui menu “Lihat apa yang sedang dicetak”. Kemudian klik menu Printer, lalu klik Sharing, maka akan terbuka jendela baru dan klik menu Printer Properties.

Harap centang kotak di samping “Bagikan printer ini”. Pada kolom “Share Name” kita bisa melihat nama printer dari perangkat yang dishare. Anda dapat mengubah nama printer ini sesuai keinginan. Untuk lebih mudahnya tinggal sesuaikan saja merk printer yang akan kita pakai bersama. Silakan klik “OK” ketika diaktifkan.

  • Sharing Printer

Pastikan komputer Anda dan komputer yang terhubung terhubung ke jaringan LAN atau WIFI. Karena jika tidak ada koneksi, perangkat printer tidak akan dikenali di komputer lain. Kemudian silahkan buka menu setting windows melalui start menu. Sama seperti pada langkah pertama ketika kita ingin mengatur pengaturan berbagi printer di tutorial sebelumnya.

Sharing Printer

Sharing Printer

  1. klik menu “Network Internet” lalu pilih “Network and Sharing Center”. Selanjutnya Klik menu Change Advank Sharing Setting. Pastikan Aktifkan berbagi file dan printer dicentang dan klik Simpan Perubahan. Selanjutnya silahkan buka “File Explorer” pada komputer yang akan kita gunakan untuk meng-capture printer. Silahkan klik folder “Network” di sebelah kiri baris folder komputer, maka kita akan melihat beberapa perangkat komputer di folder ini yang terhubung melalui jaringan internet atau WiFi.
Baca Juga :  Aplikasi Penghasil Saldo DANA

Sharing Printer2

Sharing Printer

  1. silahkan double klik identitas komputer yang kita ketahui terhubung dengan printer yang tertera di folder network. Nama printer perangkat yang telah dirilis akan ditampilkan. Bahkan, tidak hanya nama printer yang dikenali, tetapi beberapa folder file di komputer juga muncul. Jika nama printer yang dibagikan adalah Canon IP 1900, nama itu akan ditampilkan di sana.
  • Kelima, silahkan klik kanan pada nama printer, lalu pilih “Connect” dan tunggu beberapa saat untuk proses koneksi. Kemudian kita bisa mencetak dokumen tersebut dengan printer yang sudah menjadi satu. Anda juga dapat mencoba mencetak dokumen.

Demikian Penjelasan Artikel Diatas Tentang Cara Berbagi Printer Kekomputer Lain Melalui WiFi  Semoga Dapat Bermanfat Bagi Semua Pembaca Setia PelajaranIPS.Co.Id