Ekspor Adalah

Diposting pada

Pengertian Ekspor

Ekspor Adalah – Pengertian, Tujuan, Syarat, Keuntungan Dan DampakKegiatan ekspor adalah salah satu faktor penentu dalam menentukan roda perekonomiandi negara kita. Seperti yang kita ketahui, Indonesia sebagainegara yang sangat kaya raya dengan hasil bumi dan migas, selalu aktif terlibatdalam perdagangan internasional. Pengertian ekspor secara umum adalah Kegiatan menjual barang atau jasake negara lain.


Dalam Wikipedia bahasa Indonesia ekspor diartikan sebagai prosestransportasi barang atau komoditas dari suatu negara ke negara lain secara legal,umumnya dalam proses perdagangan. Proses ekspor pada umumnya adalahtindakan untuk mengeluarkan barang atau komoditas dari dalam negeri untuk memasukannya ke negara lain.

Ekspor-Adalah


Ekspor barang secara besar umumnyamembutuhkan campur tangan dari bea cukai di negara pengirim maupunpenerima. Ekspor adalah bagian penting dari perdagangan internasional, lawannyaadalah impor.Sedangkan pengertian ekspor menurut UU Kepabeanan adalah kegiatanmengeluarkan barang dari daerah pabean, dimana barang yang dimaksud terdiridari barang dari dalam negeri (daerah pabean), barang dariluar negeri(luar daerahpabean), barang bekas atau baru.


Artikel Lain : Impor Adalah


Persyaratan Ekspor

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi eksportir ketika akanmengekspor, antara lain:

  1. Surat IjinUsaha Perdagangan (SIUP) yang dikeluarkan oleh Kantor WilayahDepartemen Perindustrian dan Perdagangan Propinsi (Kanwil Deperindag),atau ;
  2. Surat Ijin Usaha (SIU) oleh Departemen Tehnis atauLembagaPemerintah
  3. Surat pengakuan sebagai eksportir atau importir terdaftar (Approved Exporter/ Importer) dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan khususnya untuk mata dagangan yang diatur tata niaganya dan mata dagangan yang diawasi ekspor dan impornya
  4. Tanda Pengenal Perusahaan Eksportir Tertentu (TPPET) yang dikeluarkanDepartemen Keuangan kepada perusahan eksportir/ importir yang mendapatfasilitas pembiayaan dari Bank Indonesia dan kemudahan kepabeanan dariDirjen Bea dan Cukai.
Baca Juga :  Sejarah Perekonomian Indonesia

Artikel Lain : Sejarah Perekonomian Indonesia


Dokumen Ekspor

Dokumen-dokumen yang harus dipenuhi ketika mengekspor barangdiantaranya adalah:

1.Dokumen Utama :

  1. PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang)adalah pemberitahuan oleh pemberitahu atas barang yang akan dieksporberdasarkan dokumen pelengkap Pabean sesuai prinsip self asessment.
  2. B/L (Bill of Lading) untuk angkutanlaut adalah jenis dokumen yang digunakan untuk mengakui penerimaan kiriman barang.
  3. InvoiceMerupakan dokumen yang digunakan sebagai pernyataan tagihan yang harusdibayar oleh customer.
  4. Packing List Merupakan dokumen packing atau kemasan yang menunjukkan jumlah, jenisserta berat dari barang ekspor atau impor. Juga merupakan penjelasan dariuraian barang yang disebut di dalam commercial invoice.

  • Dokumen Pelengkap :
  1. SKA (Surat Keterangan Asal) / COO (Certificateof Origin)Merupakan sertifikasi asal barang, dimana dinyatakan dalam sertifikattersebut bahwa barang atau komoditas yang diekspor adalah berasal daridaerah atau negara pengekspor.
  2. SM(SertifikatMutu)Merupakan sertifikat yang menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan olehprodusen atau produk yang diekspor bermutu.
  3. LPS- E (Laporan Pemeriksaan Surveyor – Ekspor)

Artikel Lain : Sejarah Sistem Ekonomi Indonesia


Manfaat Kegiatan Ekspor

Kegiatan ekspor membawa banyak manfaat bagi masyarakat. Berikut inibeberapa manfaat kegiatan ekspor:

  • Memperluas Pasar bagi Produk Indonesia

Kegiatan ekspor merupakan salah satu cara untuk memasarkanproduk Indonesiake luar negeri. Misalnya,pakaian batik merupakan salah satu produk Indonesia yang mulai dikenal oleh masyarakat dunia. Apabila permintaan terhadap pakaian batik buatan Indonesiasemakin meningkat, pendapatan paraprodusen batik semakin besar. Dengan demikian, kegiatanproduksi batik di Indonesia akan semakin berkembang.


  • Menambah Devisa Negara

Perdagangan antarnegara memungkinkan eksportir Indonesia untuk menjual barang kepada masyarakat luar negeri. Transaksi ini dapat menambahpenerimaan devisa negara. Dengan demikian, kekayaan negara bertambah karenadevisa merupakan salah satu sumber penerimaan negara.


  • Memperluas Lapangan Kerja

Kegiatan ekspor akan membukalapangan kerjabagi masyarakat.Dengan semakin luasnya pasar bagi produk Indonesia, kegiatan produksi di dalamnegeri akan meningkat. Semakin banyak pula tenaga kerja yang dibutuhkansehingga lapangan kerja semakin luas.

Baca Juga :  Impor Adalah

  • Potensi Penunjang Belitung Untuk dapat dijadikan Pelabuhan Ekspor Impor

Melihat potensi infrastruktur dan sumber daya alam Belitung sangatlah memungkinkan untuk dijadikan sebagai salah satu pelabuhan ekspor impor di Indonesia mengingat Belitung adalah pulau yang terletak di antara pulau jawa Kalimantan dan Sumatra dan juga berada dalam jalur perdangangan laut Internasional.


Artikel Lain : Sejarah Sosiologi – Pengertian, Kegunaan, Fungsi, Manfaat Dan Tujuannya


  • Belitung mempunyai potensi Infrastruktur antara lain :
  1. Pelabuhan Tanjung Batu yang mampu bersandar kapal kapal besar termasuk kapal peti kemas.
  2. Pelabuhan juga didukung pasilitas perkantoran dan akses jalan Nasional yang baik.
  3. Kawasan Industri yang luasnya mencapai 200 Ha.
  4. Tersedianya Sumber Air Baku di dusun Cangkok Desa Bantan
  5. Tersedianya pasokan Listrik yang cukup dengan didukung oleh PLTU Suge.
  6. Balai Karantina Tumbuhan Dan Hewan
  7. Pabrik Kelapa Sawit

Dampak Yang akan Terjadi Apabila Belitung Menjadi Pelabuhan Eksport Import

Apabila pemerintah pusat menjadikan Belitung sebagai salah satu Pelabuhan ekspor impor tentunya sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di pulau Belitung ini .

  • Berikut dampak positif yang akan terjadi :
  1. Meningkatnya PAD (pendapatan asli daerah)
  2. Penyerapan tenaga kerja
  3. Pertumbuhan ekonomi yang baik karena perputaran pasar yang cepat
  4. Industri industri ikutan lainnya akan tumbuh.

Artikel Lain : Masuknya Jepang Ke Indonesia


Sekian penjelasan tentang Ekspor Adalah – Pengertian, Tujuan, Syarat, Keuntungan Dan Dampak semoga dapat bermanfaat bagi semua pembaca PelajaranIPS.Co.Id