LENGKAP! Klasifikasi Kelas Aves : Ciri, Struktur Dan Contohnya

Diposting pada

Klasifikasi Kelas Aves : Ciri, Struktur Dan Contohnya – PelajaranIPS.Co.Id – Aves merupakan Vertebrata yang tubuhnya ditutupi bulu, bersayap, dan dapat terbang.

Anggota gerak depan pada Aves berupa sepasang sayap, dan anggota gerak belakang berupa sepasang kaki yang berfungsi untuk berjalan, bertengger, atau berenang.

Kelas Aves

Aves yang dapat berenang pada jari – jari kakinya terdapat selaput renang (selaput interdigital). Mata pada Aves berkembang baik, memiliki membran niktitan.

Respirasinya menggunakan paru – paru, dibantu dengan pundi-pundi hawa (saccus pneumaticus).

Jantungnya terdiri empat ruang, dua atrium dan dua ventrikel, dengan sekat sempurna. Suhu tubuh homoioterm.

Ordo Struthioniformes

Saluran pencernaannya sempurna, memiliki lambung kelenjar dan lambung berotot. Ginjalnya bertipe metanefros, tanpa kandung kemih.

Ovipar, fertilisasi internal. Kelas Aves terdiri dua subkelas, yaitu Archaeor- nithes, burung bergigi, telah punah; dan Neornithes, burung modern yang kita kenal saat ini.

Aves terdiri dari beberapa ordo, di antaranya:

  • Ordo Struthioniformes

Contoh hewan Struthioniformes adalah Struthio camelus (burung unta) dan omnivora.

Burung unta tergolong pemakan hewan dan tumbuhan tinggi dapat mencapai 2,5 m, merupakan pelari ulung, tidak dapat terbang.

  • Ordo Casuariiformes

Contoh Ordo Casuariiformes adalah Dromiceius sp (burung kasuari); tidak dapat terbang, sayap kecil, kepala dan leher tidak berbulu, tinggi mencapai 1,7 m, banyak terdapat di Australia dan Papua.

  • Ordo Apterygiformes

Apterygiformes adalah hewan sejenis burung kiwi, paruh panjang, lubang hidung di ujung paruh, sayap mereduksi, bulu – bulunya seperti rambut. Contoh Apteryx sp (kiwi).

  • Ordo Procellariiformes

Procellariiformes adalah hewan sejenis burung albatros dengan ciri – ciri: lubang hidung tubular, dalam hidung terdapat kelenjar, paruh berlapis beberapa papan, jari kaki vestigial / mereduksi, hidup di lautan. Contoh Oceanodroma sp (albatros kecil).

  • Ordo Pelecaniformes

Ordo Pelecaniformes

Ordo Pelecaniorfmes adalah hewan sejenis burung pelikan, burung ganet. Paruh besar, keempat jari dalam satu membran kulit, lubang hidung vestigial, hidup di laut tropis.

Baca Juga :  Nemathelminthes

Contoh: Pelecanus occidentalis (pelikan putih), Morus bassana (camar).

  • Ordo Ciconiiformes

Ordo Ciconiiformes adalah hewan sebangsa burung blekok, flamengo. Dengan ciri-ciri leher panjang, kaki panjang, hidup di sawah, berkelompok.

Makanannya ikan dan hewan air lainnya. Contoh: Cosmerodius albus (blekok putih), Ardea herodias (blekok biru), Phoeniopterus rubber (flamengo).

  • Ordo Anseriformes

Ordo Anseriformes adalah golongan angsa, bebek, entok dengan ciri – ciri paruh lebar tertutup lapisan yang banyak mengandung organ sensori.

Angsa mempunyai kaki pendek, jari dengan membran kulit, ekor pendek. Hewan muda berbulu seperti kapas.

Contoh: Anas sp (bebek liar), Anser sp (entok), Cygnus sp (angsa).

  • Ordo Falconiformes

Falconiformes merupakan burung karnivor, paruh kuat sekali dengan kait di ujungnya, kaki dengan kuku – kuku tajam untuk menerkam mangsanya.

Sayapnya kuat, mampu terbang dengan cepat dan melakukan manuver. Ordo Falconiformes meliputi elang, garuda, burung pemakan bangkai.

Contoh: Cathartes aura (kepala merah), Gymnogyps sp (burung kondor), Falcon sp (elang), Buteo borealis (ekor merah).

  • Ordo Galliformes

Ordo Galliformes meliputi burung berparuh pendek, pemakan padi – padian. Paruh pendek, kaki untuk berlari dan mengais.

Ordo Galliformes

Contoh: Gallus varius (ayam hutan), Gallus gallus (ayam kampung), Pavo cristatus (merak), Melleagris gallopavo (kalkun).

  • Ordo Columbifomes

Ordo Columbifomes mempunyai ciri-ciri paruh pendek, ramping dengan kulit lunak (sera) pada pangkal paruhnya.

Tembolok Columbifomes besar dan dapat memuntahkan isinya untuk memberi makan anaknya. Keberadaan Columbifomes tersebar di seluruh dunia.

Contoh: Columba livia, Columba fasciata (merpati), Zenaidura macroura (perkutut).

  • Ordo Psittaciiformes

Ordo Psittaciiformes mempunyai ciri-ciri paruh pendek, kuat, bagian pinggir tajam dengan kait pada ujungnya.

Suaranya keras, tempat hidup di hutan, dan pemakan buah-buahan. Contoh: burung kakatua, betet, burung makao.

  • Ordo Strigiformes

Ordo Strigiformus meliputi burung nocturnal, kepala besar, mata besar. Lubang telinganya besar, kadang-kadang mempunyai lembaran penutup.

Baca Juga :  Pengelompokkan Eubacteria

Makanannya burung kecil dan Arthropoda. Contoh: Tyto alba, Bubo sp (burung hantu).

Demikian penjelasan artikel diatas tentang LENGKAP! Klasifikasi Kelas Aves : Ciri, Struktur Dan Contohnya semoga dapat bermanfaat bagi pembaca setia PelajaranIPS.Co.Id