Cara Mengatasi Download Konfigurasi Gagal di COD Mobile

Diposting pada

Cara Mengatasi Download Konfigurasi Gagal di COD Mobile – Beberapa waktu lalu saya mengalami bug saat bermain Call of Duty Mobile dengan emulator Gameloop. Pesan kesalahannya adalah “Konfigurasi unduhan gagal. Pastikan perangkat Anda terhubung ke jaringan lalu restart game “dan efeknya game tidak bisa dibuka, loading pun tidak bisa.

Masalah ini terjadi tiba-tiba meskipun saya bermain tanpa masalah sebelumnya. Error ini juga bisa terjadi pada teman yang bermain COD Mobile dengan emulator Gameloop.

Salah satu teman saya juga mengomentari postingan saya tentang setting COD Mobile Gameloop, dia juga mengalami error yang sama. Bahkan, dia pernah mengalami bug ini di semua game di Gameloop.

Cara Mengatasi Download Configuration Failed Di Cod Mobile Gameloop

Karena saya sendiri tidak pernah mengalami kesalahan pada saat itu, saya belum bisa memberikan jawaban yang spesifik. Saya pikir itu karena bug di versi Gameloop yang dia gunakan. Tapi kemudian saya juga mengalaminya secara kebetulan, padahal versi Gameloop saya yang terbaru dan bekerja dengan baik sebelumnya.

Tukar Koneksi Internet

Penyebab utama kesalahan ini adalah koneksi internet yang bermasalah, biasanya karena gangguan. Untuk mengatasinya, coba ubah koneksi internet yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan Wi-Fi, coba gunakan modem USB atau tethering ponsel. Kemudian restart permainan. Cara ini berhasil, saya sudah mencobanya sendiri.

Matikan VPN, Pakai IP Polosan Saja

Saat ini COD Mobile sudah bisa dimainkan di semua negara, jadi tidak perlu lagi menggunakan VPN. Jadi jika komputer Anda menggunakan VPN dan Anda mendapatkan kesalahan ini, coba matikan VPN terlebih dahulu dengan menggunakan IP sederhana dari ISP. Kemudian restart permainan.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Bug PUBG Mobile Layar Berhenti (Freeze) Saat Melempar Granat

Main Di Server SEA

Saat memasang COD Mobile di Gameloop, kita diminta dalam satu langkah untuk memilih server. Pastikan server yang dipilih adalah Asia Tenggara.

Beberapa waktu lalu dimungkinkan untuk mengubah server ini melalui Game Center dari emulator Gameloop, tetapi tampaknya telah ada pembaruan dan tombolnya tidak ada lagi. Oleh karena itu harus dipilih dari awal selama instalasi.

 

Caranya:

  1. Cara Install COD Mobile di PC menggunakan Gameloop
  2. Pengaturan emulator, grafik, sensitivitas, dll dapat dilihat di sini:
  3. Pengaturan Gameloop Seluler COD

Reinstall Dengan Menghapus Semua File Sisa

Ini adalah solusi terakhir jika tidak ada cara di atas yang berhasil, yaitu menginstal ulang Gameloop ke versi terbaru. Namun, sebelum melakukan ini, semua file yang tersisa harus dihapus terlebih dahulu agar tidak bertabrakan, karena file sisa dari emulator lama sering menyebabkan kesalahan.

Caranya:

  1. Uninstall Gameloop seperti biasa menggunakan control panel
  2. Hapus folder D:\Temp\TxGameDownload
  3. Hapus folder C:\Program Files (x86)\TxGameAssistant
  4. Hapus folder C:\Users\Name\AppData\Local\Tentcent
  5. Hapus folder C:\Users\Name\AppData\Roaming\Tencent
  6. Instal ulang COD Mobile Gameloop versi terbaru

Penyebab Error Download Configuration Failed

Mengapa kesalahan ini muncul? Dari awal saya menduga penyebabnya adalah bug atau masalah koneksi karena pesan kesalahan meminta saya untuk memeriksa koneksi internet.

Menurut pengalaman saya, penyebab error ini sebenarnya adalah koneksi internet yang bermasalah atau karena kita menggunakan VPN. Belum ada penyebab lain yang ditemukan. Ketika kesalahan ini terjadi, anggap saja koneksi internet yang bermasalah dan itu adalah bagian yang perlu diperbaiki terlebih dahulu.

Error ini tidak hanya terjadi saat kita mencoba membuka game COD Mobile, namun terkadang terjadi di tengah proses game dan saat kita kembali ke lobby.

Baca Juga :  Cara Ganti Password WiFi Indihome