Kingdom Protista

Diposting pada

Kingdom Protista – PelajaranIPS.Co.Id – Pada umumnya Protista adalah mahluk hidup uniseluler, namun terdapat pula Protista yang multiseluler, seperti ganggang laut.

Protista ada yang bersifat autrotrof, adapula yang heterotrof, hidup bebas di laut, air tawar, atau sebagai parasit pada mahluk hidup lain.

Berbeda dengan Monera, Protista telah memiliki membrane inti sehingga disebut organisme eukariotik.

Kingdom Protista

Protista dikelompokan menjadi tiga kelompok, yakni, Protista mirip jamur, Protista mirip tumbuhan, dan Protista mirip hewan (protozoa).

  • Protista Mirip Jamur

Protista Mirip Jamur

Protista mirip jamur disebut juga jamur lender. Protista ini dikatakan mirip jamur karena kemiripannya dalam hal morfologi dan sifatnya, yang saprofit.

Perbedaannya dengan jamur terletak pada susunan sel, cara reproduksi, dan siklus hidupnya.

Pada jamur, zigotnya tidak dapat bergerak (imotil) karena tidak memliki flagela. Adapun pada jamur lendir, zigotnya dapat bergerak (motil) karena memiliki flagel.

Protista mirip jamur terdiri atas tiga filum, yakni Myxomycota, Acrasiomycota, dan Oomycota.

    • Myxomycota

Filum Myxomycota terdiri atas jamur lendir. Anggota Myxomycota biasanya memiliki pigmen kuning atau oranye dan bersifat heterotrof.

Myxomycota memiliki fase ameobid, berinti banyak, dan tidak dibatasi dinding kuat yang disebut plasmodium yang dapat dijumpai dalam siklus hidupnya.

Plasmodium dapat bergerak seperti amoeba di atas substrat dan mencerna makanan secara fagositosis, menelan partikel atau sel secara langsung. Contoh spesies Myxomycota adalah Physarium sp.

    • Acrasiomycota

Acrasiomycota berbeda dengan Myxomycota. Acrasiomycota tetap mempertahankan identitasnya sebagai satu sel.

Acrasiomycota merupakan individu utuh yang dipisahkan oleh membran, terutama pada saat membentuk agregat di salah satu tahap siklus hidupnya.

Acrasiomycota merupakan organisme haploid, sedangkan pada Myxomycota didominasi oleh fase diploid.

Baca Juga :  Kingdom Monera

Acrasiomycota memiliki tubuh buah yang berfungsi sebagai alat reproduksi aseksual dan umumnya tidak memiliki fase berflagel.

    • Oomycota

Oomycota dikenal sebagai jamur air (water molds), karat putih ( white rust), dan jamur berbulu halus (downy mildew).

Organisme ini terdiri atas hifa (filamen atau benang halus yang membentuk bagian vegetatif jamur) yang terlihat seperti jamur pada umumnya.

Oomycota memiliki dinding sel yang terbuat dari selulosa. Pada umumnya, jamur air merupakan pengurai yang tumbuh pada alga atau hewan mati. Beberapa lagi merupakan parasit pada ikan.

Contoh jamur air adalah Saprolegnia.

  • Peran Protista Bagi Kehidupan

Peran Protista Bagi Kehidupan

Protista memiliki peranan bagi kehidupan. Peran tersebut dapat menguntungkan dan juga dapat merugikan. Berikut akan diuraikan mengenai peranan protista bagi kehidupan.

    • Peran Protista yang Merugikan

Anggota Protista ada yang merugikan, contohnya pada Protozoa. Sebagaian besar anggota Protozoa merupakan pathogen pada manusia dan hewan, contohnya phylum Rhizopoda.

Pernahkah anda mengalami diesntri? Disentri merupakan suatu penyakit dengan gejala buang air besar bercampur lender.

Penyebabnya adalah Entamoeba dysentriae. Contoh lainnya, yaitu Entamoeba histolitica yang menyebabkan amebiasis.

Phylum lainnya adalah Zoomastigophora. Anggota phylum ini umumnya pathogen.

Contoh dari phylum Zoomastigophora adalah Trichomonas vaginalis yang menyebabkan penyakit kelamin pada wanita.

Leishmania tropica, penyebab penyakit kulit dan Trypanosoma gambiense, penyebab penyakit tidur.

    • Peran Protista yang Menguntungkan

Selain dapat merugikan, Protista ada yang menguntungkan. Umumnya dari kelompok alga.

Sebagai Protista yang mirip tumbuhan, alga merupakan produsen bagi organisme lain di suatu ekosistem, khususnya di ekosistem perairan.

Selain itu, alga juga memilik peran yang bermanfaat bagi organisme lain.

Contohnya, sebagai bahan pangan, bahan obat – obatan, dan bahan dasar kosmetika, selain itu, alga juga dapat dibudidayakan menjadi bahan dasar berbagai macam produ, seperti makanan dan bahan-bahan kosmetik.

Baca Juga :  Archaebacteria

Demikian penjelasan artikel diatas tentang Kingdom Protista – Protista Mirip Jamur dan Peran Prostista Bagi Kehidupan semoga dapat bermanfaat bagi pembaca setia PelajaranIPS.Co.Id