Sejarah Pramuka

Diposting pada

Sejarah Pramuka

Sejarah Pramuka : Pengertian, Baden Powell, Indonesia Dan DuniaPasti nya sudah tidak asing mendengar tentang pramuka, kali akan membahas sejarah tentang pramuka,mari ikuti terus artikel sejarah tentang pramuka.

sejarah-pramuka


Pengertian Pramuka

Definisi dari Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang merupakan salah satu ekstrakulikuler wajib yang ada berada di sekolah di Indonesia. Dan sebenarnya, kegiatan Pramuka sendiri tidak hanya dibatasi untuk siswa dan siswi saja, melainkan juga untuk orang umum dengan segala umur.Hal yang paling penting saat diadakannya Pramuka ketika ada acara kemah, pesta siaga maupun acara-acara lainnya. Meskipun kegiatan tersebut cukup menyiksa, namun kegiatan Pramuka terasa sangat menyenangkan.


Sejarah Pramuka di Indonesia

Pada sejarah Pramuka di Indonesia dimulai dengan pasang surut dalam aktivitas organisasi. Karena  pada saat itu Indonesia masih berada dalam masa penjajahan.Sehingga Indonesia dikenal dengan tiga masa Pramuka.di antaranya yaiu Gerakan Pramuka pada Masa Penjajagan Belanda, Gerakan Pramuka pada Masa Penjajagan Jepang dan Gerakan Indonesia setelah Indonesia Merdeka.


Artikel Lain : Masa Kejayaan Kerajaan Kediri Dan Puncaknya Secara Singkat


  1. Sejarah Pramuka Indonesia Masa Penjajahan Belanda

Dalam Gerakan kepramukaan ini dibawa oleh Belanda ke Indonesia pada masa kolonial. Didirikan oleh Belanda dengan nama Nederland Indische Padvinders Vereeniging atau NIPV. Pramuka Dalam bahasa Indonesia dikenal denngan Persatuan Pandu-pandu Hindia Belanda. Dan beberapa tokoh menganggap organisasi ini bisa membentuk karakter masyarakat yang saat itu masih dijajah. Sehingga ada beberapa organisasi lain juga didirikan.


Setelah adanya Sumpah Pemuda, mulai ada kesadaran masyarakat Indonesia semakin meningkat. sehingga beberapa organisasi kepanduan bergabung. Dan pada tahun1930 terbentuk Pandu Pemuda Sumatera (PPS). Tahun 1931 terbentuk Persatuan Antar Pandu Indonesia. Dan kemudian tahun 1936 berubah nama menjadi Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia (BPPKI). Kemudian BPPKI melakukan kegiatan PERKINO (Perkemahan Kepanduan Indonesia Oemoem). Dari perkemahan inilah yang menjadi cikal bakal pelaksanaan kegiatan Jambore hingga sekarang.


  1. Sejarah Pramuka Indonesia Masa Penjajahan Jepang

Gerakan Pramuka terus ini bertahanPada masa penjajahan Jepang.tetapi, ketika masa Perang Dunia ke-2, tentara Jepang melakukan penyerangan kepada Belanda. Sehingga banyak beberapa tokoh kepanduan Indonesia yang ditarik masuk Keibondan, PETA dan Seinendan. Yang merupakan suatu organisasi bentukan Jepang yang dgunakan untuk mendukung tentara Jepang.

Baca Juga :  Perjuangan Bangsa Indonesia Dalam Mencapai Kemerdekaan

Dan Jepang juga melarang berdirinya partai dan organisasi rakyat Indonesia. Karena Jepang menganggap gerakan kepanduan merupakan organisasi berbahaya karena dapat meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia.Meski demikian banyak ancaman, hal tersebut tidak membuat semangat kepanduan Indonesia untuk menjalankan PERKINO II dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia mengusir tentara Jepang.


  1. Sejarah Pramuka Indonesia Zaman Kemerdekaan

Kemudian setelah Indonesia Merdeka, yaitu pada tanggal 28 Desember 1945, didirikan Oraganisasi Pandu Rakyat Indonesia di Kota Solo. Organisasi ini mulai ditetapkan sebagai wadah kepanduan dimana anggota kepanduan Indonsia bisa bernaung. Dan pada tahun 1961, terdapat sekitar 100 organisasi kepanduan di Indonesia yang terbagi menjadi 3 federasi organisasi. diantaranya Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia, Ikatan Pandu Indonesia dan Persatuan Putera Puteri Indonesia.yang kemudian pada tanggal 14 Agustus 1961 Gerakan Pramuka dikenalkan pada masyarakat Indonesia dnegan resmi. Oleh sebab itu, Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus.


Artikel Lain : Sidang BPUPKI


Sejarah Baden Powell

Pastinya gk asing mendengar nama Baden Powell merupakan  bapak Pramuka dunia yang lahir di tanggal 22 februari 1857 yang mana nama aslinya pada saat itu adalah Robert Stephenson Smyth. Baden Powell  memiliki Ayah seorang profesor geometri dari Universitas Oxford yang bernama Powell dan beliau meninggal pada saat Robert Stephenson Smyth masih sangat kecil.


Setelah meninggalnya sang ayah, tentunya hal ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan dari Robert Stephenson Smyth kecil. Dan beberapa pengalaman menarik ia dapatkan dari kakaknya seperti cara berenang, menggambar, berlayar dan salah satu yang paling menarik adalah berkemah.


Pertama kali berkemahBaden Powell dengan kakaknya pada tanggal 25 juli tahun 1907 yang ia lakukan di sebuah pulau yang bernama Pulau Brownsea. Pada saat itu, ia juga melaksanakan acara kemah yang ditemani dengan 22 anak laki-laki.Dan di sana kegiatan kemah dilakukan selama 8 hari, dan sejak kegiatan tersebut ternyata memberikan dampak yang sangat besar terhadap sejarah Pramuka di dunia. Beliau  juga sudah dikenal sangat cerdas sejak ia masih kecil. Bukan hanya cerdas, namun ia terkenal dengan sifatnya yang lucu dan mudah gembira. Hal inilah yang membuat Baden Powell banyak disukai banyak orang dan untuk mendapatkan banyak tempat bukan hal yang sulit bagi dirinya.


Bukan hanya hanya kecerdasannya, namun Baden Powell juga memiliki keahlian dalam memainkan beberapa macam alat musik. setelah Baden Powell memasuki usia dewasa, ia bergabung dengan Militer Inggris. Dengan bergabungnya Baden Powell dengan Militer Inggris ternyata memberikan berbagai macam pengalaman yang ia dapatkan dengan menjadi seorang tentara. Dan bahkan, ia menuliskan pengalamannya kehidupan nya ke dalam sebuah buku yang ia beri judul Aids to Scouting yang ditulis pada tahun 1899. Ternyata, dari buku yang ditulis oleh Baden Powell ini mendapatkan antusias dari masyarakat Inggris.

Baca Juga :  Kebijakan Pemerintah Kolonial

Artikel Lain : Bukti Peninggalan Kerajaan Kahuripan Serta Arca Dan Candinya


Dari beberapa buku yang ditulis oleh Baden Powell ini menjadi cikal bakal dari sejarah Pramuka di dunia. Dan , buku yang ditulis oleh Baden Powell ini tidak hanya ada di Inggris, namun juga digemari oleh orang lain yang berada di negara lain. Sehingga hal ini juga yang memunculkan istilah organisasi kepramukaan di negara lain. Sampai  di tahun 1918, Baden Powell mendirikan sebuah organisasi pertama nya yang diberi nama Rover Scout dimana organisasi ini berisikan remaja berusia 17 tahun. Pada tahun 1922, ia juga kembali menerbitkan bukunya yang kedua dengan judul “Rovering to Success” atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki arti Mengembara Menuju Bahagia.


Dan dilaksanakan jambore pertama di dunia pada tanggal 30 Juli hingga 8 Agustus 1920 yang bertepatan di Olympia Hall, London. Dari acara jambore ini dihadiri oleh 8000 anggota Pramuka yang berasal dari 34 negara. Dan dari acara inilah Baden Powell ditetapkan sebagai bapak Pramuka Dunia atau Chief Scout of The World. Di tahun tersebut juga dibentuklah sebuah Badan yang bernama Dewan Internasional Organisasi Pramuka yang di dalamnya berisikan 9 orang anggota. Dari sejak acara tersebut Kota London juga ditetapkan sebagai Kantor Kesekretariatan Pramuka Sedunia. Dari hal inilah yang membuat Anda tidak perlu heran mengapa London memiliki kaitan yang sangat erat dengan Sejarah Pramuka di dunia.


Sejarah Pramuka Di Dunia

Pada sejarah Pramuka di dunia dimulai ketika Baden Powell mencatat pengalamannya dalam buku Scouting for Boys tahun 1908. Buku itu sengaja dibuat sebagai panduan dalam acara perkemahan yang dirintisnya. Bukan hanya di Inggris saja,tetapi buku ini juga laris di negara-negara lain. Kemudian organisasi-organisasi Pramuka bermunculan yang ditujukan kepada anak laki-laki saja. Dan pada tahun 1912, bersama Agnes yang merupakan adik perempuan Baden Powell mendirikan organisasi Pramua untuk wanita dengan nama Girl GuidesBaden Powell kembali mempublikasikan buku Rouvering to Success (Mengembara Menuju Bahagia), karena buku tersebut bercerita tentang seorang pemuda yang sesegera mungkin mengayuh perahu sampannya menuju pantai bahagia.

Baca Juga :  Peristiwa Rengasdengklok

Sehingga  tanggal 30 Juli sampai 8 Agustus 1920 di Olympis Hall, London, sejumlah 800 orang partisipan Pramuka melakukan jambore dunia untuk pertama kalinya. Dan    Jambore tersebut diikuti oleh 34 negara. Dan dalam acara tersebut, Baden Powell dinobatkan sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World).Dan di tahun yang sama dibentuk pula Dewan Internasional organisasi Pramuka yang beranggotakan 9 orang. sehingga Kota London merupakan kantor kesekrariatan Pramuka sedunia. Dan  kemudian dipindahkan ke Ottawa, Kanada tahun 1958 dan berpindah lagi ke Geneva, Swiss tahun 1968.


Artikel Lain : Kronologi Pemberontakan DI/TII


Bapak Pandu Indonesia

Berikut ini merupakan tokoh penting dalam membentuk pramuka indonesia yaitu Sri Sultan Hamengku Buwono IX adalah salah satu tokoh pramuka yang perjuangannya tidak diragukan lagi dalam pembentukan Gerakan Pramuka. Beliau merupakan  penerima Panji Gerakan Pramuka saat pertama kali diserahterimakan oleh Presiden RI, Ir. Soekarno pada 14 Agustus 1961.


Dan Sri Sultan Hamengku Buwono IX adalah Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang pertama kali. Dan beliau menjabat hingga dalam empat periode berturut-turut mulai dari periode 1961-1963, 1963-1967, 1967-1970 dan 1970-1974.Jasanya Sri Sultan Hamengku Buwono IX tidak hanya diakui di dalam negeri. Tetapi WOSM (World Organization of the Scout Movement) pada tahun 1973 menganugerahinya Bronze Wolf Award merupakan penghargaan tertinggi dan satu-satunya dari WOSM.Bahkan kata ‘pramuka’ pun dicetuskan dan dipilih oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX untuk menamai kepanduan di Indonesia. Kata pramuka ini diambil dari istilah ‘paramuka’ yang merupakan nama pasukan khusus dan terdepan di Keraton Yogyakarta pada jaman Penjajahan Belanda.


Tujuan Kepramukaan

Dari kegiatan pramuka ini sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan Indonesia yang merupakan bagian pendidikan nasional, yang bertujuan untuk membina kaum muda dalam mencapai sepenuhnya potensi-potensi spiritual, sosial, intelektual dan fisiknya. Dan gerakan ini terwujud dalam:


  • Membentuk Karakter kepribadian dan akhlak mulia kaum muda.
  • Menumbukan semangat dan kebangsaan, cinta tanah ait dan bela negara bagi kaum muda.
  • Meningkatkankaum muda untuk memiliki keterampilan sehingga siap menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat, patriot dan pejuang yang tangguh, serta menjadi calon pemimpin bangsa yang handal pada masa depan.

Artikel Lain :  Hancurnya Kerajaan Di Indonesia Serta Faktor Kelemahannya


Demikian penjelasan artikel diatas tentang Sejarah Pramuka : Pengertian, Baden Powell, Indonesia Dan Dunia semoga dapat bermanfaat bagi pembaca setia PelajaranIPS.Co.Id