Settingan COD Mobile di Emulator Tencent Gameloop NO LAG

Diposting pada

Settingan COD Mobile di Emulator Tencent Gameloop NO LAG – Setelah Call of Duty baru saja merilis versi mobile, saya langsung menginstalnya di PC. Emulator yang saya gunakan adalah Gameloop (sebelumnya bernama Tencent Gaming Buddy).

Seperti biasa, sebelum benar-benar bermain, saya membolak-balik sana-sini hingga mendapatkan setting yang paling nyaman, smooth, tanpa lag. Pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman, setup, dan tips agar bisa bermain COD di PC dengan lancar dengan emulator Gameloop, berikut ulasannya.

Tambah Virtual Memory

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah memastikan bahwa ukuran VM cukup pada PC atau laptop yang digunakan.

Emulator atau mesin virtual lainnya seperti Virtual Box memakan resource memori yang cukup besar, jika RAM kita kecil pasti akan susah atau disebut juga dengan lag. Anda dapat mengurangi beban memori ini dengan menambahkan VM di PC.

VM, atau memori virtual, bertindak sebagai perpanjangan memori, tugasnya adalah menyimpan file program besar yang tidak aktif saat program sedang berjalan. Sederhananya, dengan menambahkan VM seperti kita menambahkan RAM.

Saat bermain COD Mobile dengan emulator Gameloop, ukuran VM ini sangat berpengaruh. Ketika VM hilang, kami biasanya mendapatkan pesan kesalahan atau peringatan yang mengingatkan kami bahwa sistem kehabisan memori (sistem Anda kehabisan memori virtual) dan permainan mengikuti yang tertinggal dan macet.

Jadi kita perlu menambahkan VM di PC kita terlebih dahulu.

Caranya : Klik kanan PC ini (ikon komputer) > Properties > Advanced System Settings > Advanced > Performance > Settings > Advanced > Virtual Memory > Change.

  1. Bagaimana cara menambahkan memori virtual di Windows 7, 8 dan 10
  2. Untuk RAM 4 GB:
  3. Ukuran awal (MB) 4096
  4. Ukuran maksimum (MB) 4096
  5. Untuk RAM 8 GB:
  6. Ukuran awal (MB) 8192
  7. Ukuran maksimum (MB) 8192
  8. Untuk RAM 16GB +
  9. Ukuran awal (MB) setengah dari RAM
  10. Ukuran maksimum (MB) setengah dari RAM

Pengaturan VM yang saya gunakan adalah sebagai berikut:

Setelah mengubah nilai VM, klik OK > kemudian restart PC atau laptop.

Settingan Emulator Gameloop

Selanjutnya kita siapkan emulator Gameloop. Buka saja emulatornya, klik ikon tiga garis di pojok kanan atas dan pilih menu Setting.

Pengaturan dasar

Pada pengaturan dasar tidak ada yang benar-benar perlu diubah, Anda dapat mengikuti pengaturan standar seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Bagi Anda yang lebih suka menggunakan bahasa Indonesia pada antarmuka emulator Gameloop, Anda dapat mengubahnya di opsi Bahasa. Gameloop saat ini mendukung bahasa Indonesia.

Baca Juga :  Game Sepak Bola Android Terbaik 2021

Anda juga dapat mengaktifkan tombol Boss Key. Tombol ini digunakan untuk menyembunyikan jendela utama emulator dengan menekan kombinasi tombol (hotkey). Tombol ini juga dapat kita ubah sesuai keinginan.

Settingan Engine

Settingan engine emulator ini sangat berpengaruh terhadap performa PC dan laptop kita saat bermain COD Mobile. Jika terlalu tinggi game bisa lag dan crash, jika terlalu rendah tampilan bisa terlihat berubah warna. Untuk mendapatkan pengaturan yang tepat, Anda mungkin perlu bereksperimen terlebih dahulu.

Settingan yang saya gunakan terlihat seperti gambar di bawah ini, saya akan menjelaskannya satu per satu sehingga Anda dapat menyesuaikannya sendiri dengan spesifikasi PC yang Anda gunakan.

Rendering Engine

Pada bagian Rendering, pilih OpenGL+ untuk pengguna VGA AMD Radeon (RX Series). Berdasarkan pengalaman saya dengan OpenGL+ untuk VGA AMD Radeon terasa lebih ringan dan minim kekurangan.

Jika Anda menggunakan VGA selain AMD, mis. B. NVIDIA atau Intel Integrated VGA (onboard), pilih mesin rendering DirectX.

Opsi Rendering

Untuk bagian ini, Anda bisa melakukan eksperimen terlebih dahulu. Pertama coba centang semua opsi, lalu mainkan gamenya. Jika tidak ada masalah, biarkan saja apa adanya.

Namun, jika ternyata lagging, stuttering, pixel like stacked, atau bahkan game freeze, hilangkan centang pada opsi Render Cache dan Force Global Render Cache.

Cache render berguna untuk membuat cache yang menyederhanakan proses rendering. Jika perlu, dampaknya dapat membuat permainan lebih mudah dan menggunakan lebih sedikit sumber daya. Namun jika tidak pas, permainan justru bisa ditunda.

Anti-Aliasing

Anti-aliasing berguna untuk membuat detail dalam grafik lebih halus, mis. Tepian rumput, gedung, dll. Tapi kalau PC tidak kuat malah jadi lebih berat jadi saya lebih suka opsi Close / Disabled.

Memory Dan Processor

Pada pilihan memori dan prosesor saya memilih pengaturan Auto, tujuannya agar alokasi memori dan prosesor menjadi dinamis. Jika kita menetapkan nilai tetap maka memori dan prosesor yang dialokasikan untuk emulator tidak dapat digunakan untuk aplikasi lain, ini cukup merugikan menurut saya, terutama jika kita bermain game sambil menjalankan program lain seperti perekam atau aplikasi live streaming. .

Baca Juga :  Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi

Resolution Dan DPI

Silahkan sesuaikan pengaturan resolusi dengan resolusi monitor PC dan laptop yang Anda gunakan. Untuk DPI pilih saja 160, kerapatan piksel ini tampaknya berfungsi paling baik, tampilan grafisnya cukup lancar tetapi tidak terlalu berat.

  1. Pengaturan permainan
  2. Kemudian klik tab Game.

Hanya ada 2 pengaturan dalam menu ini yang perlu kita sesuaikan. Pada pilihan Gaming Resolution, pilih resolusi yang sesuai dengan monitor yang Anda gunakan. Jika Anda bermain di monitor besar dan spesifikasi komputer mumpuni, Anda bisa memilih 1080p jika hanya menggunakan 720p di laptop.

Resolusi game bisa diturunkan jika gamenya terasa berat saat disentuh karena spesifikasi komputer yang tidak cukup tinggi, gunakan saja 720p. Perbedaannya juga tidak terlalu mencolok, yang terpenting game berjalan lancar dan tidak crash.

Settingan In-Game COD Mobile

Selanjutnya kita akan mengutak-atik setting di dalam game, tinggal buka game COD Mobile di emulator Gameloop lalu masuk ke Setting.

Pilih AUDIO & GRAFIK> GRAFIK.

Graphic Quality

Dalam opsi ini, saya memilih TINGGI. Saya sudah mencoba SANGAT TINGGI dan MAX tapi hasilnya tidak terlalu berbeda jauh, di PC saya tampilan grafis yang paling cocok adalah HIGH, jika dinaikan menjadi terlalu tajam dan tidak enak dipandang mata.vvvvvvvvvv

Frame Rate

Dalam pengeturan ini saya menggunakan yang paling MAX, karena hasilnya game cukup stabil di 58-60 fps saat bermain game. Anda juga bisa menggunakan opsi SANGAT TINGGI jika MAX terasa berat, perbedaan kedua opsi ini tidak terlalu terasa.

Untuk mendapatkan FPS yang stabil dan maksimal, setting FRAME RATE harus lebih tinggi atau minimal sama dengan GRAPHIC QUALITY. Anda dapat menggunakan kombinasi MEDIUM-HIGH, HIGH-HIGH, HIGH-SANGAT TINGGI, SANGAT TINGGI-SANGAT TINGGI, SANGAT TINGGI-MAX, MAX-MAX.

Settingan Grafik Tambahan

Dengan opsi ini, biarkan sebagai default; Nonaktifkan FIELD DEPTH, BLOOM, RAGDOOL, ANTI-ALIASING. Aktifkan opsi REAL-TIME SHADOW.

Sebagai ilustrasi, saya akan menggunakan pengaturan pada postingan ini pada PC dengan spesifikasi sebagai berikut:

  1. Sistem operasi: Windows 10 64-bit
  2. Prosesor: AMD Ryzen 5 1600X, Six-Core, 12 CPU, ~ 3,6 GHz
  3. VGA: Radeon RX 550 4GB
  4. RAM: 8GB
  5. VM: 8 GB
  6. DirectX: Versi 12
  7. Hasilnya cukup bagus. Gamenya mulus, mulus, grafik lumayan mulus, no lag, no defect.
Baca Juga :  Aplikasi Bokeh Museum Internet 2021

Setting COD Mobile Emulator RAM 4 GB

Bagi sobat yang memiliki RAM 4GB bisa mencoba pengaturan berikut ini:

  • Pengaturan emulator untuk RAM 4 GB

Angka 8

  • Pilih DirectX di pengaturan mesin rendering jika terjadi kesalahan atau terjadi perubahan serius pada OpenGL.
  • Centang opsi Rendering Cache terlebih dahulu, lalu coba mainkan. Jika parah dan tertinggal, batalkan pilihan kedua opsi Render Cache dan Force Global Render Cache.
  • Resolusi pilih 1366×768 sesuai resolusi layar laptop, untuk DPI pilih 120 dpi. Pilih Kualitas tampilan otomatis.
  • Untuk resolusi gaming, pilih default 720p.
  • Untuk RAM 4GB ini settingan maksimal, kalau di tambah lagi akan molor menurut saya.

 

  •  Mengatur RAM dalam game 4GB

Masuk saja ke menu PENGATURAN > AUDIO DAN GRAFIK > GRAFIS.

  • Ubah pengaturan GRAPHIC QUALITY dan FRAME RATE ke MEDIUM – HIGH. Selebihnya biarkan saja sebagai default.

  • Mulai ulang game agar perubahan diterapkan. Lihat hasilnya, apakah game bisa berjalan dengan lancar? Berapa banyak FPS yang Anda dapatkan? Beri tahu saya di bagian komentar.

Settingan Keymapping

Setting keymapping emulator Gameloop untuk game Call of Duty Mobile sebenarnya lumayan bagus, kan kalau langsung dipakai untuk main. Namun saya melakukan beberapa penyesuaian pada beberapa tombol keyboard agar sesuai dengan kebiasaan saya saat bermain game FPS lainnya.

Di bawah ini adalah pengaturan keymapping COD Mobile yang saya gunakan:

  1. Pemetaan Kunci Pengaturan Gameloop Emulator Seluler Cod
  2. Battle Royale

Settingan Sensitivity

Untuk memaksimalkan kelincahan dan akurasi, pengaturan sensitivitas ini sangat penting saat memainkan game COD Mobile di emulator Gameloop. Saya telah menyesuaikan pengaturan sensitivitas ini maju mundur sampai akhirnya saya mendapatkan pengaturan yang paling nyaman.

Silakan periksa pengaturan berikut, jika masih belum pas, Anda dapat menambah atau menguranginya sedikit. Tapi menurut saya ini yang paling tepat.