Tumbuhan Biji

Diposting pada

Tumbuhan Biji – PelajaranIPS.Co.Id – Pada mulanya beberapa ahli menggolongkan dunia tumbuhan (Kingdom Plantae) kedalam lima divisio yaitu diantaranya Tumbuhan Biji (Spermatophyta).

Tumbuhan Biji (Spermatophyta)

Spermatophyta

Tumbuhan biji (Spermatophyta), meliputi kurang lebih 170.000 jenis tumbuhan. Tumbuhan biji terbagi atas 2.

Yaitu tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan biji tertutup (Angiospermae).

  • Tumbuhan Biji Terbuka (Gymnospermae)

Gymnospermae atau tumbuhan biji terbuka adalah tumbuhan biji yang bijinya tidak tertdapat dalam buah, tetapi bijinya terletak di daun buah sehingga bijinya tampak dari luar.

Daun buah adalah daun biasa yang berubah bentuk dan fungsinya, yaitu bentuknya memanjang dan tepinya berlekuk – lekuk. Di tempat lekukannya terdapat bakal biji.

Tumbuhan Biji Terbuka

Karena bakal bijinya tidak diliputi daun buah, tumbuhan biji terbuka disebut tumbuhan biji telanjang.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ada beberapa ciri tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae).

    • Akar

Akar kebanyakan berupa sistem perakaran tunggang. Akar ini memiliki jaringan pengangkut yang terdiri atas sel – sel trakheid.

Pada ujung akar terdapat kelompok sel pemula (inisial) yang membentuk plerome (ke dalam) dan kaliptra (ke luar).

    • Batang

Batang berkayu, berbentuk perdu atau pohon. Pada batang terdapat jaringan pengangkut xylem dan floem.

Batang dan akar berkambium sehingga selalu mengadakan pertumbuhan sekunder.

Batang tumbuhan biji terbuka, ada yang lurus, misalnya pada pakis haji, serta ada yang bercabang, misalnya pada Ginkgo dan belinjo.

    • Daun

Daun berbentuk jarum (misalnya pada pinus dan cemara), seperti pita bertulang daun sejajar (misalnya pada pakis haji), atau berdaun lebar dengan tulang daun menyirip (misalnya pada belinjo).

Daun berwarna hijau karena mengandung klorofil yang berguna dalam fotosintesis, yaitu proses mengubah CO2 dan H2O menjadi zat gula dan O2 dengan bantuan energi cahaya.

    • Bunga

Bunga Gymnospermae bukan bunga sebenarnya. Jika mempunyai mahkota bunga, mahkota berwarna tidak mencolok.

    • Biji

Biji tidak terlindung oleh daun buah. Daun buah merupakan organ reproduksi tumbuhan biji terbuka.

Baca Juga :  Thallophyta

Ada dua macam daun buah, yaitu daun buah jantan yang akan menghasilkan sel-sel kelamin jantan dan daun buah betina yang akan menghasilkan sel – sel kelamin betina.

Pada beberapa tumbuhan, misalnya pinus, daun buahnya berkumpul dalam satu kelompok seperti kerucut.

Kumpulan tersebut disebut strobilus atau runjung. Alat kelamin jantan disebut mikrosporofil yang terdapat pada strobilus jantan.

Alat kelamin ini menghasilakan mikrospora (serbuk sari). Alat kelamin betina disebut megasporofil yang terdapat pada strobilus betina. Alat ini menghasilkan megaspora.

Strobilus jantan dan betina tidak selalu dalam satu pohon. Ada beberapa tumbuhan yang strobilus jantan dan betina terdapat pada pohon yang berbeda, misal pada pakis haji.

Tumbuhan seperti ini disebut berumah dua, sedangkan tumbuhan yang strobilus jantan dan betinanya terdapat dalam satu pohon disebut berumah satu.

  • Kelas Gymnospermae

Gymnospermae digolongkan menjdai lima kelas sebagai berikut:

Gymnospermae

    • Pteridospermae (Paku Biji)

Kelas Pteridospermae merupakan peralihan dari tumbuhan paku (Pteridophyta) ke Gymnospermae. Tumbuhan kelas ini sudah punah.

    • Cycadinae

Cycadinae meliputi kira-kira 100 spesies yang sebagian besar menyerupai pohon palma, agak berkayu, tidak bercabang, akar tunggang, batang memanjang, serta berdaun majemuk dan terdapat di ujung batang.

Tumbuhan ini berbungan uniseksual (berkelamin tunggal), misalnya pakis haji (Cycas rumphii).

Kebanyakan kelas Cycadinae merupakan tumbuhan tropis dan subtropics. Tumbuhan ini banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias atau diambil getahnya.

Anggota Cycadinae yang lain adalah Encephalartos lehmannii. Tanaman yang berasal dari afrika ini, merupakan tanaman berumah dua yang dapat digunakan untuk tanaman hias.

    • Ginkgoinae

Anggota kelas ini tinggal satu spesies yaitu Ginkgo biloba (pohon rambut dara cina). Ketinggian pohon ini dapat mencapai 28 – 30 m.

Baca Juga :  Sistem Klasifikasi

Pohon ini dapat digunakan sebagai tanaman hias dan biasa ditanam di tengah kota karena tanaman ini tahan terhadap udara tercemar.

Daun Ginkgo biloba seperti kipas, kulit buahnya tebal dan lunak. Tumbuhan jenis ini banyak tumbuh di negara Amerika Serikat dan Inggris.

    • Gnetinae

Kelas ini dianggap memiliki perkembangan evolusi paling tinggi karena memiliki bunga sederhana.

Tumbuhan ini ada yang berumah satu dan ada yang berumah dua, serta berdaun tunggal dengan tulang menyirip.

Contoh tumbuhan kelas Gnetinae adalah belinjo (Gnetum gnemon). Selain Gnetum gnemon terdapat tumbuhan Welwitschia mirabilis yang termasuk anggota kelas Gnetinae.

Welwitschia mirabilis tumbuh di gurun pasir Afrika. Tidak seperti halnya tumbuhan lain yang mempunyai banyak daun, tumbuhan Welwitschia mirabilis mempunyai satu pasang daun yang liat seperti kulit.

Letak daun berhadapan dan terbentang di atas tanah yang berbatu-batu. Pada waktu tumbuh dari pangkalnya, daun – daun ini terbelah-belah membujur dan mati pada ujungnya.

Batangnya terpendam di dalam tanah dan berbentuk cawan. Bagian ini muncul di atas tanah.

    • Coniferinae

Kelas ini meliputi kira – kira 600 spesies dan didominasi pinus yang meliputi lebih dari 80 spesies.

Kebanyakan memiliki daun yang selalu hijau (evergreen). Tumbuhan ini tersebar luas, tetapi terutama di daerah dingin dan dataran tinggi.

Tumbuhan ini berumah satu (biseksual). Bagian tumbuhan yang bermanfaat, misalnya kayu pinus (Pinus merkusii) berguna untuk pembuatan kertas serta korek api dan getah dammar (Agathis alba) untuk pembuatan cat.

Selain itu, tanaman Abies balsamea dapat digunakan sebagian bahan balsam.

Demikian penjelasan artikel diatas tentang Tumbuhan Biji – 5 Ciri dan Kelas Tumbuhan Biji Terbuka semoga dapat bermanfaat bagi pembaca setia PelajaranIPS.Co.Id

Baca Juga :  Tumbuhan Biji Tertutup