Ukuran Kertas F4 : Cara Membuat, Memilih,Tips Dan Trik

Diposting pada

Ukuran Kertas F4 : Cara Membuat, Memilih,Tips Dan Trik – Dalam dunia pendidikan dan perkantoran, penggunaan kertas untuk mencetak sudah menjadi aktivitas sehari-hari. Kertas yang paling umum adalah kertas HVS (Houtvrij Schrijfpapier), yang berasal dari Belanda, yaitu kertas tulis bebas serat kayu dan juga kertas folio.

Ada beberapa ukuran kertas di Indonesia yang paling populer dan digunakan, termasuk kertas folio. Kertas folio sebenarnya telah berkembang menjadi salah satu format kertas paling populer di samping kertas kuarto atau kertas A4.

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa kertas folio juga memiliki nama lain, yaitu F4. Artinya, ukuran kertas F4 dan folio sama, hanya penyebutannya saja yang berbeda. Biasanya kertas F4 digunakan untuk mengopi dokumen atau untuk membuat salinan ijazah dan menyelesaikan pekerjaan. Selain itu juga dapat digunakan untuk mencetak foto atau print dari Microsoft Excel. Nah Agar tidak penasaran dengan ukuran kertas F4 mari baca artikel dibawah ini.

Ukuran Kertas F4

Ukuran Kertas F4

Sebagian orang dapat membedakan antara ukuran kertas folio atau F4 dengan ukuran kertas empat-tinggi atau A4. Kertas F4 berukuran lebih besar. Artinya, kertas F4 lebih lebar dan lebih tinggi dari kertas A4.

  • Dalam inci (inci) adalah 8,27 inci kali 12,99 inci.
  • Dalam mm (milimeter) adalah 210 x 330 mm.
  • Dalam cm (sentimeter) adalah 21,0 x 33,0 cm.

Namun, ada beberapa negara yang menggunakan ukuran kertas F4 minimal 215 x 330 mm. Kalian Tidak perlu bingung lagi untuk membedakan mana kertas F4 dan kertas ukuran lain.

Cara Membuat Ukuran Kertas F4

  • Buka perangkat lunak Microsoft Word.
  • Kalian Pilih tab menu Layout di bagian atas.
  • Klik menu Size dan pilih More Paper Size di bagian bawah.
  • Selanjutnya, layar menampilkan Page Setup untuk mengatur halaman.
  • Selanjtnya pilih opsi Custom Sizekemudian masukkan ukuran F4 dalam cm yaitu lebar: 21,59 cm dan tinggi: 33 cm.
  • Jika sudah, klik tombol OK untuk melakukan konfirmasi kertas F4 tersebut.
  • Dokumen ukuran F4 siap dicetak.
Baca Juga :  Baby Gen Apk

Memilih Ukuran Kertas F4

Tips Dan Trik Memilih Ukuran Kertas F4

  • Perhatikan Merek

Sebelum memutuskan untuk membeli kertas F4, ada baiknya mengetahui merk-merk yang ada di pasaran. Setiap merek biasanya memiliki harga yang berbeda-beda. Selain itu, kualitas kertasnya juga bervariasi. Ada kertas dengan kualitas bagus dan kertas biasa-biasa saja yang mudah rusak.

Sebelum Anda membelinya, tentukan untuk apa Anda akan menggunakan kertas tersebut. Tentu saja, jika kertas akan digunakan untuk mencetak dokumen atau barang penting lainnya, sebaiknya dibeli. Akan tetapi jika hanya untuk mengopi buku atau dokumen lain di mesin fotokopi memakai kertas biasa tidak menjadi masalah.

  • Gramasi Dari Kertas F4

Gramasi atau sering disebut skala GSM, adalah berat kertas. Ada beberapa ukuran kertas F4 yang berbeda di pasaran. Pada umumnya GSM tipe 70 yang sering digunakan. Namun ada juga jenis kertas dengan gramatur 60 GSM dan 80 GSM.

Sebelum membeli, tentukan dulu mana yang akan dibutuhkan banyak orang. Pada umumnya GSM tipe 60 dan 70 banyak digunakan dalam fotokopi. GSM jenis 80 banyak digunakan di perkantoran untuk mencetak dokumen penting.

  • Warna dan Bahan

Ada beberapa warna kertas F4. Warna yang umum digunakan adalah putih, tetapi ada juga warna kuning, pink, biru, dan hijau. Kertas berwarna biasanya lebih mahal daripada kertas putih.